Indonesian

Penguin kecil - Eudyptula minor

Nama ilmiah dari penguin kecil (atau penguin kecil) Eudyptula minor, sangatlah deskriptif. Tidak hanya sebagai penguin yang terkecil, tetapi istilah Yunani 'Eudyptula' juga berarti 'penyelam kecil yang hebat'. Jenis burung yang tidak bisa terbang ini berkembang biak secara koloni di sepanjang pantai selatan Australia, sejauh utara Pelabuhan Stephens di timur ke Fremantle di barat. Subspesies-nya juga dapat ditemukan di Selandia Baru. Sangat sedikit yang diketahui tentang populasi mereka. Namun, Tasmania memperkirakan populasinya berada di antara 110.000-190.000 pasang yang kurang dari 5%-nya dapat ditemukan di daratan Tasmania. Populasi yang paling banyak ditemukan di pulau-pulau lepas pantai. Penguin dewasa memiliki berat sekitar 1 kilogram dan tumbuh mencapai ketinggian 40 cm dengan umur rata-rata 6 tahun. Dalam satu contoh kasus, penguin dengan usia 21 tahun sempat tercatat.



At Sea
Di Laut

Penguin kecil ini mampu beradaptasi secara luar biasa dengan kehidupan laut. Tubuhnya yang ramping dan daya penggerak yang efisien dari siripnya (yang digunakan di bawah air dengan cara yang sama seperti burung di udara) memungkinkannya untuk mencari mangsa di wilayah penyelaman yang dangkal, umumnya antara 10-30 m dan sangat jarang hingga mencapai 60 m.
Kakinya yang berselaput sangat baik untuk melakukan gerakan manuver dan kukunya digunakan untuk menggali dan mendaki batu yang licin. Penguin ini memiliki mata besar dengan retina khusus yang dirancang untuk mendeteksi gerakan dalam keadaan cahaya yang rendah. Tidak seperti kita, penguin kecil memiliki kornea yang rata sehingga mereka dapat melihat dengan jelas baik di bawah maupun di atas air. Seperti penguin lain dan makhluk lain pada umumnya, penguin kecil ini menggunakan counter-shading sebagai kamuflase; permukaan atas yang gelap untuk berbaur dengan laut dari atas sementara bagian bawah berwarna putih silver, mirip dengan permukaan refleksi dari bawah. Ini membantu penguin menghindari perhatian burung pemangsa dari atas, anjing laut dan hiu dari bawah dan ini juga berarti mangsanya kesulitan mendeteksi mereka. Beberapa penguin kecil selalu kembali ke sarang mereka sepanjang tahun tetapi kebanyakan tinggal di laut selama masa musim dingin dan musim gugur.



Feeding
Makanan

Makanan penguin kecil bervariasi di lokasi yang berbeda, tetapi sebagian besar terdiri dari ikan kecil, cumi-cumi atau krill (krustasea seperti udang). Mangsa ditangkap dengan cara ditusuk dengan cepat menggunakan paruhnya kemudian ditelan secara utuh, dibantu dengan duri di atap mulutnya. Mangsa akan ditelan secara utuh. Makanan disimpan di usus besar dan bukan di temboloknya, karena hal ini akan menyebabkan tubuhnya tidak seimbang. Penguin kecil memerlukan makanan sekitar 25% dari berat badan mereka setiap hari hanya untuk menjaga kondisi, mereka akan membutuhkan makanan yang lebih dari itu ketika memberi makan anak-anaknya atau pada saat pergantian bulu. Kadang-kadang mereka memakan larva kepiting atau kuda laut dari dasar laut.


Colonies and nest sites
Koloni dan tempat bersarang


Sebagian besar burung yang hidup berkelompok kembali ke sarang mereka dalam kelompok-kelompok kecil dalam satu jam pada saat gelap, untuk menghindari predator seperti burung camar, gagak dan elang laut. Kelompok penguin berkumpul melewati ombak sehingga mereka dapat mendengar panggilan satu dengan yang lainnya. Mereka naik ke permukaan dalam kawanan karena lebih aman berada dalam kawanan yang besar. Lebih banyak penguin berarti lebih banyak mata yang mengawasi predator dan jumlah yang banyak dapat membingungkan predator. Dalam kelompok besar ratusan penguin dapat naik ke permukaan dalam waktu singkat. Sarang mereka biasanya terpisah setidaknya 2 m antara satu dengan lainnya dan umumnya terdiri dari terowongan 60-80cm yang pada ujungnya terdapat sarang 'mangkuk' yang terbuat dari rumput atau rumput laut. Sarang-sarang lain mungkin berbeda seperti adanya goresan di bawah gundukan rumput, untuk mengembangkan terowongan atau rumah di antara bebatuan pantai. Penguin kecil kadang-kadang harus bersaing dengan burung laut shearwater, tikus air, ular dan akhir-akhir ini, kelinci, untuk membangun liangnya.



Breeding
Perkembangbiakan 

Antara bulan Juni dan Agustus penguin-penguin jantan akan kembali baik untuk merenovasi liang yang lama atau menggali liang yang baru. Penguin jantan beramai-ramai menyambut penguin betina yang tiba. Meskipun hanya satu pasangan yang dipilih, penguin tersebut biasanya tidak akan menjadi satu-satunya pasangan mereka seumur hidup. Burung berkembang biak setiap tahun, dan di Australia bagian timur biasanya dua butir telur dihasilkan tiap kali burung bertelur pada awal bulan Mei atau akhir bulan Oktober. Dalam tahun yang sukses, telur-telur yang dihasilkan dalam dua kali masa bertelur dapat dibesarkan dalam satu musim, yang merupakan sesuatu yang tidak biasa di antara penguin. Pasangan penguin berbagi giliran dalam masa inkubasi yang biasanya berlangsung selama 1-2 hari dan penetasan telur yang berlangsung dalam 33-37 hari. Sekitar 60% dari telur berhasil menetas. Pada saat menetas sang anak berwarna hitam jelaga dan memiliki berat sedikit di atas 25 g. Kedua orang tua memberi makan sang anak yang makan sampai setengah kali berat badan mereka setiap hari dan pada hari ke-40 mereka bahkan dapat memiliki bobot yang lebih berat dari orang tua mereka. Ketika berusia 5 minggu, sang anak akan sangat aktif dan bahkan berada di luar sarang menunggu diberi makan oleh orang tua mereka. Dalam 2 atau 3 minggu setelahnya mereka akan siap untuk pindah ke laut, di mana mereka akan tumbuh hingga dewasa. Sekitar 70% dari anak penguin mencapai tahap ini namun hanya 15% yang akan hidup dewasa sampai dua tahun. Sebagian besar burung dewasa akan kembali ke koloni mereka untuk berkembang biak.

Moult
Pergantian Bulu


Setelah berkembang biak, penguin-penguin dewasa akan makan dengan rakus untuk menyesuaikan dirinya dengan kondisi pergantian bulu selama dua minggu di darat. Mereka harus menggandakan hampir dua kali lipat bobot badannya karena mereka tidak akan makan atau minum selama proses pergantian bulu. Jika sarang mereka besar, proses ini akan terjadi di sana tetapi seringkali para penguin memilih tempat yang lebih lapang untuk mereka dapat lebih mudah melicinkan bulu dan menggaruknya dengan menggunakan paruhnya. Tempat semacam itu tampak jelas berdasarkan ribuan bulu yang berserakan.




Song
Nyanyian

 

Nyanyian dan aksi dari para penguin berfungsi untuk menarik pasangannya, mencegah penyusup dan, sebagai duet, mempererat ikatan antara satu sama lain. Nyanyian individu yang khas berpindah mulai dari dari gemuruh bass ke tangisan yang nyaring, disertai dengan gerakan-gerakan sirip, paruh dan tubuh. Panggilan dan aksi ini bervariasi intensitasnya dari 'aksi setengah-terompet’ sampai ke aksi suara dan aktivitas tubuh yang cepat. Pada malam hari, dan terutama selama musim kawin, suara yang ditimbulkan oleh koloni ini dapat cukup mengganggu.




Seasonal activities
Kegiatan musiman

Variasi dalam persediaan makanan, disebabkan oleh perubahan arus laut atau faktor lainnya, menentukan pola hidup untuk setiap populasi lokal penguin kecil dan dapat sangat berbeda dari diagram di bawah. Dalam tahun-tahun tertentu, telur-telur dapat diletakkan pada bulan Mei hingga Oktober, dengan dua atau tiga kelompok anak-anak penguin yang menetas dalam satu tahun.


TAMMIKUU, HELMIKUU; SULKASATOA EDELTÄVÄ SYÖMÄKAUSIMAALISKUU - SYYSKUU; PESIMÄKAUDEN ULKOPUOLISET PUUHATSYYSKUU, LOKAKUU; PESÄN RAKENNUS, HAUTOMINENMARRASKUU, JOULUKUU; POIKASTEN KASVATUS



Threats and Predators
Ancaman serta perburuan predator

Perubahan musiman dalam pasokan makanan alami dari tahun ke tahun menyebabkan banyak burung muda yang terdampar mati atau berada dalam kondisi yang lemah di pantai-pantai kita. Anak-anak penguin juga dapat terbunuh oleh panas atau serangan kutu. Karena ukurannya yang kecil penguin-penguin kecil memiliki banyak predator. Anjing-anjing laut Australia dan Selandia Baru memangsa penguin kecil seperti kadang-kadang macan tutul laut. Camar besar dapat membunuh penguin dan elang laut perut putih di sepanjang perairan pantai menangkap banyak penguin kecil.

Di sekitar koloni tikus air memangsa telur dan anak penguin. Gagak dan burung-burung pemangsa melakukan patroli di daerah-daerah ini untuk mencari telur, anak penguin dan penguin dewasa, seperti halnya Quoll dan Tasmanian devil pada malam hari di daratan Tasmania. Namun, penguin kecil telah berevolusi bersama predator ini dan mampu menangani mereka. Predator seperti tikus, anjing dan kucing serta ancaman dari manusia menimbulkan masalah yang lebih besar.

Aktivitas yang tidak dipikirkan masak-masak menciptakan masalah tambahan untuk penguin kecil. Mereka bisa saja tenggelam ketika nelayan amatir secara tidak sadar memasang jaringnya dekat koloni penguin.

Tumpahan minyak merupakan bencana besar bagi penguin dan burung laut lainnya. Tidak hanya karena minyak itu beracun jika tertelan, namun minyak tersebut juga merusak daya apung serta daya isolasi bulu penguin. Plastik sering tertelan dan kemasan botol bisa menjadi jerat di leher penguin.

Anjing atau kucing liar telah membunuh banyak penguin (lebih dari predator-predator alami penguin).

Jika rubah telah hidup dengan leluasa di daratan Tasmania maka penguin-penguin harus mencoba untuk menangani tambahan predator lain.

Efek dari kehadiran manusia, seperti jalanan, gangguan langsung manusia, hilangnya tanaman serta pembangunan perumahan terus mengancam koloni penguin kecil.






Viewing guidelines
Pedoman pengamatan 

Pedoman ini ditujukan untuk melindungi penguin-penguin dan untuk memungkinkan Anda untuk melihat mereka dalam kondisi alamiah. Pastikan Anda sudah mempelajari mereka sebelum mengunjungi koloni penguin.

Para penguin akan meninggalkan wilayah perairan pada saat gelap sehingga mereka lebih terlindung dalam kegelapan, yang membantu melindungi mereka dari predator. Pada saat seperti ini mereka sangat rentan (ingat mereka menganggap Anda sebagai predator potensial) dan karenanya akan waspada. Jika mereka merasakan ancaman atau terganggu oleh cahaya obor atau suara yang keras mereka akan tinggal di laut lebih lama. Ini sangat meresahkan bagi mereka dan dapat mengganggu perkembangbiakannya, atau dapat mencegah mereka memberi makan anak-anaknya di dalam sarang. Jika mereka tinggal di laut, Anda mungkin tidak akan melihat mereka sama sekali.

It is important
Perlu diperhatikan

Silakan baca dan amati papan-papan informasi yang ditempatkan di daerah koloni penguin.

Kenakan pakaian gelap untuk kamuflase dan pakaian yang cocok untuk tetap hangat. Dekati titik pengamatan Anda dari daratan, sebaiknya tidak dilakukan dengan berjalan di sepanjang pantai karena hal ini akan menghalangi akses para penguin ke sarang mereka.

Gunakan lintasan yang sudah ada. Jangan berjalan melalui daerah koloni mereka karena akan menghancurkan sarangnya. Tolong jangan rusak vegetasi di sepanjang lintasan. Pilih posisi setidaknya 3 m dari, dan tidak menghalangi akses penguin ke sarang mereka. Pilih lokasi yang memiliki latar belakang yang gelap untuk menyamarkan diri. Buat diri Anda nyaman sebelum gelap. Jika ada orang yang berpengalaman dalam kelompok Anda, dengarkan nasihat mereka. Tetaplah tenang dan jaga gerakan Anda seminimum mungkin. Penguin memiliki penglihatan dan kemampuan mengenali gerakan yang sangat baik, terutama jika mereka melihat Anda menghalangi langit.

Hanya obor redup yang memancarkan cahaya merah (cellophane merah di atas lensa juga bagus) yang sebaiknya digunakan dan jangan pernah gunakan ke arah air atau langsung ke arah penguin. Flash kamera tidak boleh digunakan di pantai. Kamera video tanpa lampu sorot dapat digunakan dan alat ini menghasilkan hasil yang lebih baik pada sore hari dibandingkan kamera-kamera konvensional.

Seringkali tempat terbaik untuk melihat penguin adalah di belakang pantai di mana mereka merasa lebih aman. Sekali lagi, gunakanlah cahaya berwarna merah. Untuk membantu Anda mengamati, teropong akan sangat berguna, bahkan di malam hari.

Jangan mengunjungi koloni dengan anjing (atau kucing) dalam keadaan apa pun. Bahkan jika anjing tersebut ditempatkan di tanah lapang, bau mereka tetap menarik anjing-anjing lain setelahnya. Ambillah sisa makanan Anda dari lingkungan pengamatan karena ini juga akan menarik anjing dan kucing. Penguin merupakan satwa liar yang dilindungi.

Adalah ilegal untuk menangkap, mencoba untuk menangkap atau mengganggu penguin. Jika Anda melihat perilaku-perilaku semacam ini, tolong laporkan kepada pengawas terdekat. Pelanggaran akan ditindaklanjuti secara serius. Jika Anda tertarik atau peduli terhadap populasi penguin lokal Anda silakan hubungi Taman yang terdekat serta kantor Wildlife Service.




DONATE!





Further information
Informasi lebih lanjut

Stahel, C. & Gales, R. (1987). Little Penguins - Little Penguins in Australia. Uni Press, Kensington, NSW.

Hubungi Cabang Konservasi Keanekaragaman Hayati: DPIW 134 Macquarie Street, Hobart. 7000
Telepon: (03) 6233 6556 Fax: (03) 6233 3477

http://lillicopenguins.blogspot.com.au/p/blog-page.html

____________________________________
Kindly translated by dglorifier

No comments:

Post a Comment